Total Pengunjung:

Pengertian bekam dan Manfaat nya

“Apakah anda pernah mendengar istilah Bekam? Apakah anda pernah di bekam ?” Berbahagialah apabila anda menjawab ,”pernah” . Sebab dari kuisoner yang ditujukan secara acak menunjukkan  bahwa 80% belum pernah dengar istilah bekam, sedangkan 90% belum pernah di bekam.
Kenyataan ini sungguh memprihatinkan. Sebab bekam sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan sejak jaman Nabi Musa dan berkembang ke seluruh dunia hingga saat ini.
Di Indonesia bekam sudah sering di gunakan untuk pengobatan dengan beberapa nama seperti canduk, canthuk, kop, cupping, mambakan dll. Bekam merupakan terjemahan dari Hijamah  yang berarti menghisap  atau menyedot diartikan sebagai peristiwa penghisapan darah dengan alat kop serta mengeluarkannya dari permukaan kulit dengan penyayatan yang kemudian di tamping di dalam gelas.
Dilihat sepintas, tampaknya pengobatan dengan metode bekam tidak memberi manfaat apa-apa, bahkan terkesan kuno, irasional dan mengada-ada. Apabila di bandingkan dengan pengobatan medis modern yang memakai obat-obatan sintetik serta pembedahan yang memerlukan biaya mahal. Bekam lebih praktis , tanpan efek samping , murah dan bisa mengatasi banyak penyakit yang tidak bias ditangani oleh kedokteran modern.
Diantara sebagian kedokteran warisan para Nabi adalah bekam . Malahan ilmu bekam dikenal di dunia barat sehingga mereka melakukan penelitian dan pembuktian secara terus menerus, yang akhirnya mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari, walaupun mereka tidak menamakannya bekam. Tetapi  tetap memakai prinsip kerja , menyedot darah dan mngumpulkannya , kemudian mengeluarkannya dengan teknik dan teknologi canggih.
Hingga munculah ahli bekam dari Negara barat. Seperti DR.MichaelReed Gach dari California dengan bukunya POTENT POINS,A GUIDE TO SELF CARE FOR COMON AILMENTS ( TITIK-TITIK BERKHASIAT SEBAGAI PANDUAN PERAWATAN DIRI & PENGOBATAN PENYAKIT YANG UMUM ) atau penelian  Kohler  D (1990) dengan bukunya THE CONNECTIVE TISSUE AS THE PHYSICAL MEDICAL MEDIUM FOR CONDUCTION OF HEALING ENERGY IN CUPPING THERAPEUTIC METHOD (Jaringan ikat sebagai Media Fisik untuk menghantarkan Energi Pengobatan Dengan Bekam)  atau tulisan Thomas W Anderson (1985) YABG BERJUDUL 100 DISEASES TREATED BY CUPPING METHOD (100 Penyakit yang dapat dobati dengan bekam)  yang ternyata sesuai dengan hadist Nabi sekitar tahun 600 M yang di riwayatkan At Thobroni bahwa pembekaman pada satu poin disekitar tengkuk dapat menyembuhkan 72 penyakit. Rosululloh SAW bersabda: “ hendaklah kalian semua melakukan pengobatan dengan bekam di tengah tengkuk karena sesungguhnya hal itu merupakan OBAT dari 72 macam penyakit”.
BEKAM SECARA MEDIS
Untuk memahami pengobatan bekam ini maka secara sederhana dapat dipelajari dengan pendekatan dengan ilmu kedokteran tradisional. Menurut kedokteran  tradisional.,bahwa di bawah kulit, otot, fascia terdapat suatu titik yang mempunyai sifat istimewa..Antara titik yang satu dengan titik lainnya saling berhubungan membujur dan melintang membentuk jaring-jaring atau jala yang disebut dengan nama MERIDIAN.  Dengan adanya jala ini , maka terdapat hubungan yang erat antara:
  • bagian tubuh sebelah atas dengan sebelah bawah
  • bagian tubuh sebelah dalam dengan sebelah atas
  • bagian kiri tubuh dengan bagian kanan tubuh
  • organ tubuh dengan jaringan bawah kulit
  • organ yang berongga dengan dengan organ padat
Dunia kedokteran modern tampaknya tertarik dengan fenomena ini, setelah dilakukan penelitian ternyata merupakan ‘MOTOR POINTS” pada perlekatan NEUROMUSKULAR. Pembekaman di kukit atau jaringsn bawah kulit akan melepaskan beberapa zat:
  • zat serotonin
  • histamine
  • brsdikinins
  • Slow rating substance
Zat-zat diatas dapat menyebabkan dilatasi kapiler, dengan bekam secara positif menyebabkan terjadinya PERBAIKAN mikrosirkulasi pembuluh darah.

Subscribe to receive free email updates:

Formulir Pendaftaran Bekam

Name

Email *

Message *

Welcome to CB Network

Contoh Login Form Blogspot

Ini demo atau contoh Kotak Login dan Register Form. Login Form di samping ini hanya contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB karena blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya silakan Pencet Sini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!